Modest Style

Enam Cara Spiritual untuk Mencintai Diri Sendiri

,

Terkadang, fokus kita tercurah begitu banyak untuk mencoba menyenangkan setiap orang dengan mengorbankan kebutuhan kita sendiri. Bagaimanapun juga, jiwa Anda sendiri membutuhkan cinta dan kasih sayang sebanyak orang lain, dan mencintai diri sendiri adalah salah satu perwujudan kasih Tuhan dalam kehidupan. Najwa Abdullah membagi beberapa ide tentang bagaimana mengubah cinta di dalam diri Anda untuk Anda sendiri.

Semuanya ada dalam genggaman Anda (Gambar:SXC)
Semuanya ada dalam genggaman Anda (Gambar:SXC)

1. Melepaskan Beban

Lepaskan kesedihan Anda, keinginan yang tidak dapat Anda raih, dan harapan yang tidak tercapai dari masa lalu. Anda layak memulai sebuah awal baru.

Berhenti meratapi masa lalu, atau bagaimana berbagai hal seharusnya terjadi. Ingat pepatah lama,”apa yang ditakdirkan untuk mencapaimu akan mencapaimu meski berada di bawah pegunungan, dan apa yang tidak ditakdirkan untuk mencapaimu tidak akan mencapaimu meski sudah berada di antara dua bibirmu.”

2. Jangan Khawatir

Jika Anda menghadapi kesulitan atau kemalangan dalam hidup, ubah sudut pandang Anda. Alih-alih menganggap kesulitan-kesulitan ini sebagai masalah, cobalah melihat mereka sebagai “kesempatan yang tersembunyi”. Pada akhir hari, tidak ada dalam hidup ini yang tidak dapat diatasi.

3. Jangan Membandingkan; Bersyukurlah

“Allah telah mengadakan ketentuan bagi setiap sesuatu.” (65:3)

Membandingkan hidup Anda dengan orang lain merupakan racun bagi jiwa Anda dalam berbagai tingkatan. Ia melahirkan penilaian negatif, rasa frustasi, dan putus asa bagi Anda. Terima kenyataan bahwa setiap orang ditakdirkan untuk menjadi berbeda. Bersyukur atas semua yang Anda miliki akan membuat hati Anda damai. Tidak ada yang bisa menjadi diri Anda lebih baik — kecuali Anda sendiri!

4. Lakukan Kebaikan secara Spontan

“Maka barangsiapa mengerjakan kebaikan seberat zarrah, niscaya dia akan melihat (balasan) nya.” (99:7)

Sebarkan sukacita dan kebahagiaan kepada orang lain. Ada banyak cara sederhana untuk melakukan hal ini. Berikan senyum kepada seseorang. Sumbangkan sesuatu untuk amal. Jadilah sukarelawan untuk menjadi pengajar bagi anak-anak yang kurang beruntung. Jadilah pendonor darah. Bantu orang tua menyeberang jalan. Dalam segala sesuatu,  biasakan untuk melakukan hal-hal yang baik, bahkan ketika tidak ada orang lain yang melihat. Hidup dengan cara sedemikian rupa sehingga ketika anak-anak Anda memikirkan tentang cinta, keadilan, kepedulian dan integritas, mereka akan mengenang Anda.

5. Menjaga Citra Tubuh Sehat

Bagaimana Anda memandang diri sendiri adalah sangat penting untuk mengukur berapa banyak cinta yang tumbuh dalam diri Anda. Cobalah untuk tidak mendefinisikan diri sendiri dengan berfokus terlalu banyak pada atribut tubuh Anda. Belajarlah untuk menghargai esensi diri sejati Anda — inti dari diri Anda. Selalu berpakaian untuk mendapatkan rasa hormat, bukan perhatian. Pada akhirnya, keindahan adalah tentang apa yang Anda rasakan di dalam hati, dan hal ini tercermin dalam segala hal yang Anda lakukan.

6. Berwisata

Beberapa orang berkata, “Bertualanglah dan Anda akan menemukan diri Anda sendiri.” Jika Anda sulit mengingat kapan terakhir kali Anda pergi ke suatu tempat yang jauh, saatnya membereskan tas Anda dan bepergian. Anda akan terkejut mengetahui seberapa banyak Anda akan belajar mengenai diri Anda saat Anda berada di suatu tempat yang jauh dari rumah. Saksikan keindahan alam, nikmati ritme hidup yang lebih lambat, berinteraksilah dengan orang asing, makan makanan yang menyenangkan dan nikmatilah menjadi diri Anda sendiri.

Leave a Reply
<Modest Style