Modest Style

Daging Babi Ditemukan dalam Salami Berlabel Halal

,
-
Metode pemotongan yang halal di Islam mewajibkan tempat penjagalan menyembelih hewan dengan cara menggorok lehernya. Hukum Islam melarang untuk mengonsumsi babi

Stockholm, 10 April 2013 (AFP) – Kandungan daging babi telah ditemukan dalam salami berlabel halal yang diimpor dari Slovenia dan dijual di Swedia. Demikian menurut Swedish National Food Agency (SNFA).

‘Sekarang kami akan melaporkan analisis kami kepada Uni Eropa kemudian menindaklanjutinya dengan perusahaan yang menjual salami berlabel salah ini di Swedia,’ ujar juru bicara SNFA, Louise Nyholm, dalam sebuah pernyataan.

‘Tidak bisa diterima jika produk berlabel halal mengandung daging babi. Ada banyak orang yang sama sekali tidak mau makan babi, jadi penting bagi perusahaan untuk bertanggung jawab dan memastikan produk mereka tidak dijual di tempat yang salah,’ tambahnya.

Mengonsumsi babi dilarang dalam Islam.

SNFA tidak mengungkapkan berapa banyak daging bersertifikat palsu yang telah dijual atau berapa lama produk tersebut beredar di pasaran.

Metode membunuh hewan yang halal di Islam mewajibkan tenggorokannya digorok dan darahnya dibiarkan keluar. Tata cara seperti ini dilarang di Swedia karena hewan-hewan yang akan disembelih tidak dibius terlebih dahulu.

Menurut SNFA, produk salami bermasalah tersebut mengandung sekitar 10 persen daging babi, jauh di atas level satu persen yang biasanya dianggap sebagai kontaminasi tak sengaja.

Ditambahkan SNFA, mereka telah meneliti DNA babi dalam 99 produk makanan, sembilan di antaranya positif mengandung babi. Sebanyak delapan dari sampel yang diuji mengandung kurang dari satu persen daging babi, dan tujuh di antaranya mengandung kurang dari 0,1 persen.

Negara-negara di Eropa telah meningkatkan kontrol terhadap makanan sebagai respons atas skandal yang baru-baru ini terjadi. Jutaan daging beku siap saji telah ditarik dari supermarket setelah penelitian menunjukkan daging yang berlabel sapi ternyata mengandung sejumlah besar unsur daging kuda.

Leave a Reply
<Modest Style