Modest Style

Bloger-Bloger Muslimah di Inggris Raya

,

Zinah Nur Sharif bicara kepada lima Bloger muslimah hebat nan rendah hati yang bermukim di Inggris – Hana, Jana, Basma, Dina dan dirinya sendiri – tentang alasan yang melatarbelakangi lahirnya blog mereka.

cover-sm

Bloger. Merekalah orang-orang penuh gairah yang menulis tentang hal-hal yang mereka cintai serta membaginya ke seluruh dunia online. Blogging adalah pekerjaan penuh waktu, tanpa deskripsi jelas tentang apa yang dilakukan dan kapan melakukannya,  kepuasan yang diterima bukanlah uang, melainkan cinta serta dukungan dari pembaca dan pengunjung blog. Bebas, luas dan tanpa batas. Hal terhebat adalah mereka bisa menjadi bos bagi diri sendiri.

Barangkali kita sudah mengenal beberapa di antara mereka, siapa tahu Anda pernah atau sedang membaca blog mereka. Atau mungkin saja Anda pembaca setia. Apa pun itu, pernahkah kita bertanya-tanya mengapa dan  mereka memulai blog mereka?

Berbekal rasa penasaran, saya memutuskan untuk bertanya kepada para Bloger terkenal ini apa yang mendorong mereka untuk memulai blogging.

Hana Tajima
StyleCovered

Hana Tajima-Simpson dan gayanya yang mengagumkan. Foto: stylecovered.com
Hana Tajima-Simpson dan gayanya yang mengagumkan. Foto: stylecovered.com

Hana Tajima-Simpson, wanita luar biasa stylish kelahiran Inggris yang sangat saya kagumi ini, sudah menjalankan blog-nya selama beberapa tahun. Blog-nya adalah dunia penuh keajaiban, keanehan yang indah dan perayaan inspirasi bagi pikiran dan jiwa.

Sebagai insan kreatif, wajar saja untuk menuliskan gagasan imajinatif yang mendiami kepala kita kepada ruang kosong. Jadi normal saja bagi Hana untuk mengisi ruang virtual di blognya dengan kreativitas. Hana, yang juga desainer di Maysaa.com, mengatakan: “Bagi saya, mempunyai blog seperti mempunyai buku gambar. Entah itu foto, sketsa atau video, semuanya bagian dari hal yang sama dan senang rasanya memiliki benang pemikiran yang kreatif seperti itu.”

Awalnya dia memfokuskan blognya pada fashion islami, mengeksplorasi proses perubahannya menjadi high fashion. Topik ini kemudian berlanjut seputar sketsa dan gaya personalnya. StyleCovered lalu mengalami perubahan ringan serta mengulas hal-hal yang lebih menarik, jadi tetap bukalah mata dan tunggu karya-karya Hana di:

StyleCovered | Facebook | Twitter | Instagram

Jana Kossaibati
Hijab Style

Situs web Hijab Style oleh Jana Kossaibati
Situs web Hijab Style oleh Jana Kossaibati

“Panduan gaya muslimah pertama di Inggris Raya ” – kalimat ini dengan efektif meringkas Hijab Style. Blog terpandang yang dikelola Jana Kossaibati ini tidak hanya menginspirasi dan menjadi panduan gaya wanita muslim di Inggris, tapi juga di seluruh dunia.

Semuanya berawal ketika Jana tidak menemukan apa yang dicarinya di dunia blogging.  “Hijab Style dimulai lima tahun lalu, September 2007. Saya senang membaca blog orang lain, tapi tidak  benar-benar menemukan blog yang fokus terhadap fashion dan busana wanita muslim. Jadi saya memutuskan untuk membuat blog sendiri, semuanya memuat ide gaya dan inspirasi bagi wanita muslim yang memakai hijab.”

Jana juga menulis ulasan terhadap busana muslim serta menampilkan artikel tentang perancang busana muslim dari seluruh dunia. Ikuti kiprah Jana di:

Hijab Style | Facebook | Twitter

Basma Kahie
Basma K Collection

Padu padan busana yang benar-benar serasi, Basma! Foto: Zinah
Padu padan busana yang benar-benar serasi, Basma! Foto: Zinah

Belum lama ini, saya menemukan foto yang kelihatannya berasal dari halaman editorial majalah – indah, memukau dan sangat cantik. Kemudian saya menyadari foto itu berasal dari blog Basma dan halaman Facebook-nya penuh dengan foto-foto memesona di mana Basma tampil dalam beragam padu padan busana.

Bloger London Basma Kahie mengambil foto “tentang apa saja termasuk keseharian saya; rutinitas berhijab, busana untuk hari ini, dan lain-lain.” Proses ini menjadi satu jalinan dengan kehidupan sehari-harinya dan itulah awal dari blog fashion Basma.

Busana-busana yang dikenakannya menakjubkan, tidak mencolok, dan sangat stylish. Foto-foto yang diambilnya hidup dan bagus kualitasnya. Dia menginspirasi dan dicintai banyak orang; dia menguasai apa yang dikerjakannya serta ahli di bidangnya. Akan tetapi, Basma tidak berhenti di situ saja; dia pun terus menginspirasi kita dengan situs-situs jejaring sosialnya.

Basma K Collection |Facebook | Twitter | Instagram

Dina Toki-O
Lazy Doll

06-Dina-sm
Hanya Dina yang membuat busana seperti ini tampak keren. Hebat! Foto: Zinah

Masih perlukah saya memperkenalkan Dina? Apakah kalian belum pernah mendengar tentang dia sebelumnya? Saya tidak percaya! Dialah vlogger-Bloger dan desainer dari Inggris Dina Torkia yang terkenal itu, yang dalam video dan blognya tidak hanya berbagi tentang koleksi busananya yang mengagumkan, tapi juga rancangannya!

Kepribadiannya yang jenaka, berani dan menyenangkan memancar dari video-video dan foto-fotonya. Wanita penuh gaya ini telah aktif vlogging cukup lama serta membagikan foto-foto busananya di halaman Facebook-nya yang sangat aktif. Sebelum para follower-nya memintanya untuk blogging, dia tidak tahu apa itu blog.

Dia mengaku: “Saya bahkan tidak tahu apa blogging itu dan pada awalnya menganggapnya sangat aneh! Tapi tentu saja, sekarang saya kecanduan dan merasa itu cara yang hebat untuk menuangkan apa yang saya rasakan, serta berbagi ide-ide secara umum!”

Syukurlah, kini Dina mempunyai blog, oleh karena itu sekarang kita memiliki dirinya sebagai sumber inspirasi di dunia blogging.

Lazy Doll |Facebook | Twitter | Instagram

Zinah Nur Sharif
ZINAH

Saya sangat menyukai warna pastel dan lembut! Foto: saudara perempuan Zinah
Saya sangat menyukai warna pastel dan lembut! Foto: saudara perempuan Zinah

Inilah saya! Ya, kita sudah bertemu sebelumnya, tapi biarkan saya bercerita sedikit tentang diri saya.

Saya hidup dari blogging dan mendesain; saya tinggal di kota paling indah di dunia, London; dan saya akan menceritakan alasan saya mendirikan blog, tanpa harus membuat saya tampak hebat atau memuji-muji diri sendiri.

Bagi yang belum tahu, saya telah mengelola sebuah blog fashion dan gaya hidup selama beberapa tahun. Saya berbagi minat terhadap fotografi, kecintaan terhadap fashion dan obsesi terhadap traveling, film, memasak dan masih banyak lagi di blog.

Meski demikian, jantung blog saya adalah fashion. Alasan saya blogging mirip dengan kebutuhan Hana: saya memerlukan buku gambar virtual. Berasal dari latar belakang yang sangat kreatif terhadap seni murni, fashion, desain dan fotografi, saya tidak bisa lagi hanya menyimpan ide-ide di kepala dan merasa perlu untuk membagikan kecintaan saya terhadap hal-hal itu di blog. Silakan bergabung dalam perjalanan blogging saya!

ZINAHFacebook | Twitter | Instagram

[Not a valid template]
Leave a Reply
<Modest Style