Modest Style

Bangunan-bangunan Ternama Dunia Matikan Lampu di Earth Hour 2014

,
Menara Burj Khalifa (Ki) di pusat kota Dubai saat Earth Hour 2013. ©Foto AFP/KARIM SAHIB
Menara Burj Khalifa (Ki) di pusat kota Dubai saat Earth Hour 2013.
©Foto AFP/KARIM SAHIB

Gedung dan monumen ternama di seluruh dunia akan diselimuti kegelapan pada 29 Maret dalam rangka mendukung inisiatif peduli lingkungan global, Earth Hour.

Di Amerika Utara, Jembatan Golden Gate di San Fransisco, Gedung Empire State di New York, dan Space Needle di Seattle hanyalah sebagian situs melegenda yang akan turut memadamkan lampu pada acara tersebut. Earth Hour AS telah meluncurkan kampanye media sosial yang mendorong bangunan seperti Navy Pier di Chicago dan Alamo Shrine di Texas untuk ikut ambil bagian. Di perbatasan Kanada, bahkan Niagara Falls akan mematikan listrik, bersama dengan Menara CN.

Di Inggris, berbagai bagian kota London akan berada dalam kegelapan, dengan tercatatnya Stadion Wembley, Tower Bridge, Istana Buckingham, dan London Eye sebagai bagian dari banyak bangunan yang terlibat dalam inisiatif ini. Di bagian lain Inggris, Brighton Pier, Kastil Edinburgh, dan Parlemen Skotlandia juga turut mematikan lampu.

Perancis turut ambil bagian dalam gerakan ini dengan keikutsertaan hampir 400 monumen. Di Paris, Menara Eiffel hanya akan dipadamkan selama lima menit dengan alasan keamanan, sementara monumen lain seperti katedral Notre Dame dan Arc de Triomphe akan dipadamkan selama sejam penuh.

Di Australia, asal gerakan ini, Opera House Sydney akan memimpin pemadaman lampu sementara piknik di bawah penerangan bintang akan dilaksanakan di Bondi Beach. Di Singapura, Marina Bay Sands akan berada dalam kegelapan. Kota tersebut juga akan menyambut kedatangan bintang Spider-Man 2, menyusul penobatan superhero tersebut sebagai duta resmi Earth Hour 2014.

Momumen lain yang berencana dipadamkan termasuk Menara Tokyo, Burj Khalifa di Dubai, dan Menara Pisa di Italia. Pada tahun-tahun sebelumnya, bangunan semisal Christ the Redeemer di Rio de Janeiro dan Koloseum di Roma juga ikut ambil bagian.

Earth Hour merupakan gerakan akar rumput yang dicanangkan pada 2007 dan telah menjadi gerakan mendunia sejak saat itu. Pada 2013, lebih dari 7.000 kota dan wilayah di 153 negara ikut serta dalam gerakan ini.

Informasi lebih jauh mengenai Earth Hour dapat ditemukan di situs Earth Hour masing-masing negara. Earth Hour 2014 akan diadakan pada 29 Maret.

Leave a Reply
<Modest Style