Modest Style

Abaya Senilai $15,9 Juta Dipamerkan di Dubai

,

Anda pasti tidak mau kehilangan satu kancing pun jika memiliki abaya ini. Oleh Afia R Fitriati.

Foto milik debbiewingham.com
Foto milik debbiewingham.com

 

Bahan apa saja yang dibutuhkan untuk membuat abaya termahal di dunia?

Secara keseluruhan, diperlukan satu berlian merah terbaik, 50 berlian putih dua karat tanpa cela, 50 berlian hitam dua karat tanpa cela, dan 1.899 poin berlian (1 poin berlian sama dengan 1/100 karat) semuanya dirangkai dengan platina, bersama dengan 200.000 jahitan tangan yang menggunakan benang emas putih14 karat.

Dan tentu saja, nama perancang juga menentukan. Debbie Wingham adalah perancang adibusana kelahiran Inggris yang telah mendandani para diva Hollywood seperti Kate Winslet dan Hilary Swank. Sebelum menampilkan kreasi abaya uniknya di hotel Raffles Dubai pada bulan Maret lalu, Debbie membuat berita di tahun sebelumnya ketika ia memulai debutnya dengan gaun hitam yang dianggap termahal di dunia, senilai hampir 1 juta USD. Namun harga ini tak ada apa-apanya jika dibandingkan dengan abaya merah dan hitam ini, yang nilainya mencapai 65 juta dirham atau sekitar 15,9 juta USD.

Dalam sebuah wawancara dengan Emaratiya, Debbie mengatakan ia terinspirasi oleh Dubai dan para wanita di sana. ‘Aku jatuh cinta pada Dubai, ada sesuatu yang ajaib tentang kota ini,’ katanya. ‘Wanita di sini mencintai hiasan dan juga sangat pemilih. Semua ini telah mengilhami saya.’

<p style=”text-align: center;”>Mengetahui bisa menggunakan berlian merah, permata yang bahkan kebanyakan ahli perhiasan belum pernah melihatnya seumur hidup, sungguh merupakan kesempatan baik yang sayang dilewatkan</p>

Berlian merah yang menjadi pusat perhatian dari abaya Debbie ini dipinjam dari kliennya yang mengoleksi batu-batu mulia langka. ‘Ia datang ke studio saya ketika saya sedang mengerjakan gaun berlian hitam dan berkata, “Debbie, seharusnya kau bilang kalau sedang mengerjakan ini, kau bisa pinjam sesuatu yang spektakuler dariku,”’ kata Debbie kepada Today.com. Mengetahui bisa menggunakan berlian merah, permata yang bahkan kebanyakan ahli perhiasan belum pernah melihatnya seumur hidup, sungguh merupakan kesempatan baik yang sayang dilewatkan.’

Hanya satu dari seratus juta berlian di dunia yang memiliki warna merah alami, menjadikan berlian ini salah satu permata yang paling langka. Penaksir independen dari Antwerp menilai batu mulia berwarna kemerahan ini seharga 7,4 juta USD.

‘Berlian merah sangat langka sampai-sampai aku tidak bisa mendapatkan satu butir lagi, kolektor pribadi pun tak akan mau menjualnya,’ ujar Debbie dalam wawancara yang sama.

Debbie juga tidak berencana untuk menjual abaya kreasinya. Setelah pameran di Dubai, kreasinya direncanakan akan menyusul gaun berlian hitamnya melakukan tur ke London, Monte Carlo, Ukraina, Rusia dan Swiss.

Leave a Reply
<Modest Style