Modest Style

5 tanda saatnya berhenti kerja

,

Ketika Anda sangat membutuhkan pekerjaan namun merasa tidak sanggup lagi menjalaninya, bagaimana memutuskan langkah yang tepat? Oleh Beta Nisa.

Gambar: Photl
Gambar: Photl

Mencari pekerjaan yang sempurna sama seperti mencari belahan jiwa. Butuh pencarian yang penuh kehati-hatian dan terkadang juga melibatkan kebingungan dan jalan buntu. Meski begitu, bagaimana kita tahu bahwa pekerjaan kita bukan pilihan yang “tepat” atau bahwa sudah saatnya untuk berhenti?

1. Anda selalu mencari alasan

Entah beban kerja, klien, atau bahkan mesin kopi, selalu ada yang Anda salahkan. Selalu mencari alasan dan menyalahkan hal-hal kecil merupakan tanda penyangkalan bahwa Anda merasa tidak puas. Alasan merupakan cerminan bahwa Anda tidak bahagia dengan pekerjaan Anda, dan hanya menyalahkan hal lain atas kesengsaraan Anda.

2. Anda tidak merasa bersemangat

Selalu ada hari di mana meringkuk di tempat tidur terasa lebih mengasyikkan daripada bekerja. Namun jika Anda harus selalu memaksakan diri pergi ke kantor, dan pikiran tentang hari esok atau bahkan pekan depan terasa seperti mimpi buruk, maka mungkin inilah saatnya mengajukan pengunduran diri. Kita menghabiskan setengah hari untuk bekerja dan menjadikan hal tersebut bagian besar dari hidup kita. Jika pekerjaan Anda tidak membuat Anda bersemangat, bagaimana Anda dapat bersemangat tentang hidup Anda?

3. Anda tidak berkembang

Anda bekerja tidak hanya untuk menghasilkan uang, namun juga untuk belajar dan berkembang sebagai seorang individu. Seiring dengan berbagai proses yang terjadi di sekitar tempat kerja, Anda belajar kemampuan profesional baru atau bahkan bagaimana mengatasi emosi saat berurusan dengan banyak orang di kantor. Namun, jika pekerjaan Anda tidak memberi kesempatan untuk berkembang, Anda tidak akan dapat mengetahui apa yang mampu Anda lakukan.

4. Anda tidak dihargai

Anda bekerja lembur, memenuhi tenggat, selalu tepat waktu, dan melakukan yang terbaik, namun tetap tidak mendapat perhatian? Jika hal ini tampak seperti Anda, saatnya mencari kesempatan baru. Penghargaan dapat membantu memotivasi karyawan untuk bekerja lebih keras. Namun, jika Anda telah melakukan yang terbaik namun tidak pernah menerima penghargaan yang layak, berarti Anda tidak dihargai baik sebagai karyawan maupun sebagai individu.

5. Anda mendapat masalah kesehatan

Mengalami migrain terus-menerus, asam lambung tinggi, atau bahkan demam hanya karena tekanan pekerjaan yang berlebih? Maka Anda mungkin perlu mempertimbangkan mencari pekerjaan baru. Pikiran mempengaruhi tubuh, maka saat pekerjaan mulai mempengaruhi kesehatan Anda, pendapatan Anda hanya akan berguna untuk membayar tagihan kesehatan.

Leave a Reply
<Modest Style