Modest Style

‘Suatu Hari, Kita Akan Bernyanyi Lagi’

,

Mantan penyanyi pernikahan dari Suriah ini mendapat perhatian internasional melalui perpaduan irama dan lirik puitisnya. Beta Nisa melaporkan.

Membawakan musik ceria dengan nada tradisional di sana-sini di hadapan penonton internasional, musisi kelahiran Suriah Omar Souleyman menawarkan pengalaman musik yang istimewa. Lahir dan besar di sebuah kota kecil dekat perbatasan Irak dan Turki, Omar memulai karir dengan bernyanyi di berbagai pesta pernikahan.

Dengan perpaduan kuat instrumen tradisional dan synthesizer elektronik, musiknya menawarkan sentuhan baru dari Timur Tengah. Dengan turban sebagai ciri khas pribadi, tanpa diduga Omar menjadi favorit industri musik Barat.

Ia merupakan satu dari sedikit musisi Suriah yang meraih popularitas internasional, dan boleh dikatakan dalam ukuran yang besar pula. Ia baru saja menandatangani kontrak dengan label rekaman terkenal yang juga menghasilkan nama-nama besar seperti Arctic Monkeys. Pencapaian internasional Omar lain termasuk kolaborasi dengan Björk dalam album terbaru penyanyi Islandia tersebut.

Meski bernyanyi dalam bahasa Kurdi dan Arab, musiknya dinikmati di seluruh penjuru dunia – ia pernah tampil di Glastonbury Festival dan juga di Upacara Penghargaan Nobel Perdamaian. Omar meyakini bahwa musik merupakan hal universal yang dapat dinikmati oleh semua orang, terlepas dari bahasa yang mereka gunakan. Bagi mereka yang memahami bahasanya, lirik Omar merupakan daya tarik lain dalam lagunya. Ia berkolaborasi dengan penyair-penyair kenamaan dalam penulisan lagu – bahkan terkadang sekaligus menampilkan mereka di atas panggung untuk menyampaikan puisi mereka kepadanya secara langsung.

Terlepas dari ketenaran dan kekayaan yang mengikuti jejaknya, Omar tetaplah seorang warga Suriah yang terkena dampak peperangan yang sedang berlangsung di negaranya. Kondisi Suriah memaksanya untuk tinggal di Turki sementara ini untuk membangun karir musiknya. Namun seperti halnya warga Suriah lain, ia merindukan negaranya dan berharap “suatu hari, [mereka] akan bernyanyi dan menari lagi seperti yang biasa [mereka] lakukan. ”[i]

 


[i] “Omar Souleyman: America’s Favorite Syrian Wedding Singer”, NPR, 14 Nov 2013, tersedia di sini

Leave a Reply
<Modest Style