Modest Style

Semangat perdamaian dari Timur

,

Film “Cahaya dari Timur: Beta Maluku” mengangkat tema olahraga dan rekonsiliasi konflik di Maluku. Selengkapnya oleh Najwa Abdullah.

Poster film Cahaya dari Timur

Film “Cahaya dari Timur: Beta Maluku” kini tengah menyemarakkan bioskop-bioskop Indonesia. Film ini mendapatkan perhatian yang tinggi dari masyarakat Indonesia khususnya karena pesan-pesan sosial yang dibawanya, terutama di tengah memanasnya iklim politik Indonesia menjelang pemilihan presiden.

Film yang membutuhkan jangka waktu bertahun-tahun dalam proses produksinya hingga akhirnya dirilis Juni 2014 ini terinspirasi dari kisah nyata. Saat menjelajahi Maluku, sang sutradara film, Angga Sasongko, bertemu dengan sosok Sani Tawainella yang kemudian menginspirasinya untuk mengangkat kisah pribadi Sani ke layar lebar.

Film ini berlatar Maluku awal tahun 2000-an yang dilanda konflik sektarian dan antar-agama. Sani Tawainella yang diperankan Chicco Jerikho merasa sedih atas terjadinya pertumpahan darah di kampung halamannya, Tulehu. Setelah gagal merintis karir di dunia sepakbola, ia menjadi pengemudi ojek di daerah sekitar tempat tinggalnya. Karena mengkhawatirkan dampak konflik berdarah terhadap anak-anak di lingkungannya, Sani memutuskan untuk membuat sebuah klub sepak bola anak-anak. Setelah melalui berbagai rintangan, beberapa tahun kemudian Sani dipercaya untuk melatih tim regional Maluku.

Perjuangan Sani untuk melindungi anak-anak dari kerusuhan dan menyatukan mereka yang berasal dari latar belakang yang berbeda-beda membuat film ini menyentuh dan menggugah semangat nasionalisme. Ada pesan perdamaian serta solidaritas yang disampaikan melalui film ini. Penggunaan dialek Maluku oleh para aktor dan aktris membuat film terasa otentik.

Film ini diproduseri oleh musisi Glenn Fredly. Selain menjadi produser film untuk pertama kalinya, Glenn juga menggarap soundtrack film ini. Di dalamnya, ia melibatkan berbagai musisi dari Maluku dan membaurkan unsur-unsur musik tradisional Indonesia timur dengan sentuhan-sentuhan modern.

Ketika menyaksikan film ini, Anda tidak hanya akan disuguhi pemandangan alam Indonesia timur yang memukau dengan musik latar yang unik, namun juga Anda akan mendapatkan perspektif baru mengenai ragam kehidupan masyarakat di bagian timur Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai film ini, silakan kunjungi situs resmi Cahaya dari Timur.

Leave a Reply
<Modest Style