Modest Style

Film Turki raih gelar film terbaik di festival Sarajevo

,
WP-Song-of-my-mother-01
(Gambar: YouTube)

SARAJEVO (AFP) – Sutradara Turki Erol Mintas menangkan penghargaan Heart of Sarajevo untuk kategori film terbaik di festival film Sarajevo ke-20.

Karya Mintas, yang berjudul Song of My Mother – seorang kisah mengharukan tentang seorang wanita tua Kurdi yang mendamba pulang ke kampung halamannya di Timur Turki – juga mendapat hadiah utama 16.000 euro (Rp248,5 juta) , mengalahkan delapan pesaing lainnya.

“Saya dedikasikan film ini untuk ibu saya yang tinggal di pinggir kota Istanbul tempat banyak keluarga Kurdi berlindung pada tahun 1990-an,” ujar Mintas setelah menerima penghargaan tersebut.

Feyyaz Duman memenangkan penghargaan aktor terbaik untuk perannya di film yang sama. Tonton trailer film ini sebagai berikut:

Sedangkan untuk penghargaan lainnya, kategori aktris terbaik didapat oleh Mari Kitia untuk perannya dalam film Georgia “Brides,” yang membawa penonton menyaksikan sistem pidana keras di negara tersebut melalui sudut pandang para istri dan keluarga terpidana.

Film tersebut juga menandai debut Tinatin Kajrishvili sebagai sutradara.

Kitia diberi penghargaan “karena memainkan peran rumit memimpin para pemeran dengan kekuatan dan harga diri,” menurut dewan juri yang diketuai oleh sutradara Hongaria Bela Tarr.

Aktris AS pemenang Oscar, Melissa Leo, dan sutradara Tate Modern yang berbasis di London, Chris Dercon, juga tergabung dalam dewan juri.

Pada hari Kamis, festival tersebut – yang diadakan sebagai bentuk perlawanan atas pengepungan kota pada perang Bosnia 1992-1995 – menghadiahkan beasiswa istimewa sebesar 8.700 euro (Rp135 juta) untuk dua sutradara Gaza, Abdel Salam Shehadeh dan Ashraf Mashharawi.

Hanya Mashharawi yang dapat menghadiri festival tersebut karena adanya gelombang kekerasan terbaru di Gaza.

Festival tersebut, yang dibuka pada tanggal 15 Agustus, memberikan daftar film terpanjang mereka sepanjang masa, dengan 247 film dari 60 negara diputar pada acara selama sembilan hari tersebut.

Rangkaian film karya sutradara Inggris Michael Winterbottom juga ikut diputarkan.

Tamu kehormatan tahun ini adalah aktor Meksiko Gael Garcia Bernal.

Leave a Reply
<Modest Style