Modest Style

Trailer Film: ‘Girl Rising’ Ungkap Kesenjangan Sosial

,

Shea Rasol berbagi pandangannya mengenai film baru yang menegaskan kesenjangan kesejahteraan perempuan di berbagai belahan dunia.

WP-shea-girl-rising

Ketika anak-anak perempuan bersekolah dan mendapat pendidikan, mereka akan menjaga kesehatannya. Mereka akan menabung. Mereka bisa bersuara. Mereka membangun bisnis. Kemudian mereka akan membagi semua itu kepada siapa saja… dan kemiskinan pun berkurang. Tantangan menjadi kesempatan; kemajuan terwujud. – Richard Robbins, sutradara Girl Rising

Sungguh menakjubkan bagaimana kita bisa duduk-duduk, atau berbaring dengan nyaman di rumah, mengeluhkan masalah remeh-temeh yang terjadi dalam kehidupan kita sehari-hari. Untuk sesaat, cobalah untuk menatap langsung ke langit-langit dan kagumilah, sadari betapa kita jauh lebih diberkati dari sebagian besar populasi perempuan di dunia.

Dengan atap di atas kepala, kita merasa nyaman, kita aman, kita terlindungi dan yang paling penting, kita damai.

Baru-baru ini saya mendapat kesempatan menonton Girl Rising, sebuah film dokumenter 90 menit yang bercerita tentang sembilan gadis penuh inspirasi yang menjalani kehidupan yang kurang beruntung di berbagai penjuru dunia. Di tengah film, tiba-tiba saya tersadar:

Saya tumbuh besar dengan bahagia dan sehat; Sokha tidak.

Saya punya kesempatan untuk bersekolah di TK; Wadley harus berjuang untuk itu.

Saya diizinkan bermain di luar dengan teman-teman saya ketika saya masih kecil; Suma sedang bekerja keras di rumah majikannya siang malam.

Saya tinggal di sebuah negara di mana hak-hak seksual perempuan setara; Yasmin tidak.

Saya masih memiliki kedua orangtua saya, yang tidak sakit apa pun; ayah Senna meninggal ketika dia masih kecil.

Saya memiliki kebebasan untuk menentukan masa depan saya sendiri; Azmera dipaksa menikah.

Saya menerima pendidikan hingga perguruan tinggi; Amina tidak, karena dia menikah di usia 11.

Saya bisa bebas menjalankan kegiatan ekstrakurikuler saya di lingkungan yang aman; Ruksana tidak bisa.

Saya diberi banyak kesempatan untuk mencapai impian-impian saya; Mariama berjuang untuk mendapatkan impiannya.

Mata saya berlinang sepanjang film, karena saya tidak bisa membayangkan diri saya berada dalam situasi seperti yang harus dihadapi sembilan gadis tersebut. Saya hidup nyaman dalam kotak kecil saya sendiri, begitu terpesona oleh semua yang indah-indah sampai saya lupa bahwa ada gadis-gadis seperti Anda dan saya di luar kotak ini, yang tengah didera lara dan penderitaan yang tidak layak dialami gadis mana pun.

Karena saya cukup beruntung dalam mendapatkan pendidikan maka di sinilah saya sekarang, menjangkau pembaca saya melalui tulisan saya. Dan pendidikan yang dinikmati oleh banyak orang seperti saya telah membawa mereka kepada berbagai karier seperti mengobati kanker, menciptakan karya seni, merancang bangunan, menghitung angka-angka, menerbangkan pesawat, dan mengajar anak-anak. Bayangkan apa yang bisa dilakukan pendidikan untuk sembilan gadis cantik yang ditampilkan dalam Girl Rising – begitu pula bagi berjuta-juta gadis lain di seluruh dunia.

Di seluruh dunia, jutaan anak perempuan menghadapi hambatan untuk mendapat pendidikan yang tidak dialami oleh anak laki-laki. Namun, ketika kita mendidik seorang anak perempuan, kita dapat memutus lingkaran kemiskinan hanya dalam satu generasi.

Menghilangkan hambatan atas pendidikan anak perempuan – seperti pernikahan dini dan pernikahan paksa, perbudakan rumah tangga, perdagangan seks, kekerasan gender dan diskriminasi, kurangnya akses ke pelayanan kesehatan, dan biaya sekolah tak terjangkau – berarti tidak hanya kehidupan yang lebih baik bagi anak-anak perempuan, tetapi juga dunia yang lebih aman, sehat, dan lebih sejahtera untuk semua.

Mari kita tingkatkan kesadaran dunia di sekitar kita dengan mendukung film dokumenter terobosan yang disajikan oleh 10×10 Films ini. Kunjungi Girlrising.com untuk info lebih lanjut, aturlah acara nonton bareng di lingkungan Anda, sampaikan sumbangan buat aktivitas sosial  dan bergabunglah dengan kampanye untuk melakukan bagian Anda dalam memastikan bahwa, suatu hari di masa depan, semua anak perempuan aman, sehat, berdaya, dan terdidik.

Cinta dan dukungan Anda berarti.

Leave a Reply
<Modest Style